Powered by Blogger.

MANDI API

Pengarang : Gde Aryantha Soethama
Kategori: Kumpulan Cerpen
Penerbit I: Kompas Media Nusantara, 2006
Penerbit II: Arti Foundtion, 2009
Alih bahasa Inggris oleh: Vern Cork
Tebal : vi + 170 halaman
ISBN :
Harga :


Buku ini berisi 21 cerpen yang semuanya pernah dimuat di berbagai media antara lain Kompas, Horison dan Bali Post. Juga di beberapa media luar negeri. Buku ini memenangkan Khatulistiwa Literary Award 2006 untuk kategori Prosa, menyisihkan buku nomine lain karya Budi Dharma, Gus TF Sakai, Kurnia Effendi dan Dewi Lestari.

Keunggulan Mandi Api adalah cerita-cerita tersebut disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah dicerna, tapi selalu ada kejutan manis diakhir cerita. Dengan latar belakang sebagai jurnalis, Gde Aryantha Soethama memaparkan dengan sederhana apa yang ia lihat dan apa yang ia rasakan mengenai kondisi di Bali yang bukanlah hitam-putih seperti yang terlihat di brosur-brosur wisata. Banyak area abu-abu dan ironi.

Melalui cerita-cerita yang berlatar konflik sosial-psikologis seperti pernikahan anggota puri (bangsawan) dengan rakyat biasa, penjulalan alat kesenian terompong beruk, pembuatan banten (sesajen) dan upacara macaru, keadaan cuntaka (berkabung), penulisnya mengabarkan kondisi budaya Bali dalam arus kemajuan jaman yang semakin modern. Bahwa, nama besar Bali sebagai destinasi budaya ternyata tidak semata-mata menjanjikan kemakmuran pada masyarakatnya, namun juga segudang persoalan. Kumpulan cerpen ini merupakan potret sosiokultural Bali yang disajikan secara sederhana dan menarik.








Cover versi Penerbit Kompas Media Nusantara


Ulasan mengenai buku ini:

Mandi Api Versi Inggris