Powered by Blogger.

ANJING BALI DAN RABIES

Penulis: Nyoman Sadra Dharmawan
Penerbit: Arti Foundation
Tebal:viii + 140 halaman
Cetakan Pertama: Oktober 2009
ISBN:978-979-1145-40-4
Harga:

ANJING, selain menyenangkan dijadikan teman, juga setia dan jujur. Anjing kintamani, kemudian dikenal sebagai anjing bali, dengan sorot mata bersahabat, termasuk jenis anjing pekerja (working dog), berukuran sedang, memiliki proporsi tubuh yang baik, dengan pertulangan kokoh, dibungkus otot kuat, merupakan plasma nutfah Tanah Air yang telah mendapat pengakuan secara nasional sebagai anjing ras pertama Indonesia.

Sebagai anjing pegunungan, ia memiliki bulu panjang dengan warna putih spesifik, cokelat dengan moncong hitam, poleng dan hitam. Ia anjing pemberani, tangkas dan memiliki sifat waspada dan curiga cukup tinggi. Anjing bali juga tergolong anjing penjaga (guard dog) cukup andal, pengabdi yang baik dan loyal terhadap seluruh keluarga pemilik, dan tidak akan lupa kepada perawatnya.

Anjing Bali dengan keunggulan spesifik, sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi anjing ras dunia, bila dimuliabiakkan secara baik dan benar, sehingga terjaga kemurnian dan kelestariannya, serta diupayakan agar terus menerus bebas dari rabies.